Selasa, 06 November 2012

Pembaca Alkitab 2 Meter.



 
  • Seseorang membaca Alkitab Braille

    15 AGUSTUS 2012 | INTERNASIONAL
    Alkitab Dua Meter

    Sebelum Anda memesan Alkitab Braille dari Saksi-Saksi Yehuwa, pastikan Anda punya cukup ruang. Edisi lengkap Terjemahan Dunia Baru—tersedia dalam Braille bahasa Inggris, Spanyol, dan Italia—terdiri dari 18 sampai 28 jilid dan membutuhkan tempat minimal sepanjang dua meter!

    Dibandingkan dengan Alkitab yang dicetak dengan huruf timbul itu, ada format-format lain yang lebih hemat tempat. Ada alat pencatat Braille yang dapat digunakan untuk mengakses informasi elektronik dan mencatat. Ini adalah perangkat portabel yang dilengkapi titik-titik yang dapat naik turun untuk membentuk huruf Braille. Seorang tunanetra juga dapat mencari dan mendengarkan publikasi dengan bantuan pembaca elektronik. Alat ini mengubah teks tertulis menjadi ujaran.






    Selain itu, Saksi-Saksi Yehuwa telah membuat suatu program komputer yang bisa mengubah teks ke format Braille dalam banyak bahasa. Setelah tabel konversi berisi bahasa target dan huruf Braille dibuat, teks dapat mulai diubah. Program ini juga mengatur agar hasilnya mudah dibaca. Dengan begitu, publikasi dan Alkitab Braille dapat dibuat dalam hampir semua bahasa yang memiliki huruf Braille, termasuk yang tidak menggunakan huruf Romawi.

    Selama lebih dari 100 tahun, para Saksi telah memproduksi publikasi berdasarkan Alkitab bagi kaum tunanetra, yang sekarang tersedia dalam 19 bahasa. Walaupun tunanetra yang berminat bisa mendapatkan publikasi tanpa membayar, biasanya mereka memberikan sumbangan sukarela.

    Dahulu, sewaktu publikasi baru dirilis di kebaktian Saksi Yehuwa, hadirin diberi tahu bahwa versi Braille-nya bisa diperoleh belakangan. Tahun lalu, kantor cabang Amerika Serikat mengadakan survei di sidang-sidang untuk mendata kebaktian mana yang akan dihadiri para tunanetra dan format apa (kertas timbul, pencatat elektronik, atau pembaca elektronik) yang mereka inginkan.

    Publikasi dalam format kertas timbul dikirimkan ke kebaktian-kebaktian yang dihadiri kaum tunanetra sehingga mereka bisa menerimanya bersamaan dengan hadirin lainnya. Publikasi dalam format elektronik dikirimkan melalui e-mail seminggu setelah kebaktian.

    Seorang Saksi tunanetra mengatakan, ”"Bisa menerima lektur ini bersama dengan yang lainnya adalah hak istimewa yang luar biasa. Mazmur 37:4 mengatakan bahwa Yehuwa akan memberikan keinginan hati kita. Itulah yang terjadi di kebaktian ini!"” Seorang Saksi lain mengatakan sambil menangis, ”"Mereka memikirkan saya. Saya bersyukur kepada Yehuwa karena Ia sangat memerhatikan kami."”

    sumber informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar